Skip to content

BENTUK AKAR BEBERAPA JENIS MANGROVE

29 Maret 2009
tags:

Berikut ini adalah penjelasan mengenai beberapa bentuk akar dari jenis mangrove :

  1. Akar udara (Aerial root) : Struktur yang menyerupai akar, keluar dari batang, menggantung di udara dan bila sampai ke tanah dapat tumbuh seperti akar biasa. Beberapa kadang-kadang menyerupai struktur akar yang dimiliki oleh famili Rhizophoraceae.
  2. Akar banir/papan (Buttress) : Akar berbentuk seperti papan miring yang tumbuh pada bagian bawah batang dan berfungsi sebagai penunjang pohon.
  3. Akar lutut (Knee root) : Akar yang muncul dari tanah kemudian melengkung ke bawah sehingga bentuknya menyerupai lutut.
  4. Akar nafas (Pneumatophore) : Akar yang tumbuhnya tegak, muncul dari dalam tanah, pada kulitnya terdapat celah-celah kecil yang berguna untuk pernafasan.
  5. Akar Tunjang (Stilt-root) : Akar yang tumbuh dari batang diatas permukaan dan kemudian memasuki tanah, biasanya berfungsi untuk penunjang mekanis.

gbr-akar

10 Komentar leave one →
  1. 1 September 2009 7:08 pm

    Terima kasih atas gambar-gambar akarnya. Saya terbantu dengan gambar ini untuk PR anakku. Dia disuruh menggambar jenis-jenis akar. Sekali terima kasih.

    • andre permalink*
      1 September 2009 10:06 pm

      terimakasih kembali Qie karena sudah mampir…

  2. Muchri Amin permalink
    23 November 2009 11:14 am

    Saya juga mengucapkan terima kasih atas gambar dan artikel dengan demikian saya bisa bantu ngerjain PR anaknya teman saya

    • 23 November 2009 4:44 pm

      wah terimakasi jg sudah mampir ke ‘rumah’ sy mas..
      moga bisa membantu

  3. Anayanti permalink
    28 Februari 2010 9:40 pm

    Boy Marpaung saya ingin bertanya mengenai jenis akar saya ada baca jenis2 akar yaitu akar gantung, akar pelekat , akar tunjang , akar nafas ,akar banir , akar lutut sebenarnya akar khusus ada berapa macam apa akar lutut juga termasuk akar khusus ? sebenarnya benalu memili ki akar apa ? saya ada baca buku benalu akar pengerek jadi akar pengerek juga akar khusus saya agak bingun mengenai akar khusus mohon jawabannya Boy terma kasih banyak

  4. Fariezz permalink
    18 September 2010 1:31 pm

    Trima kasih y bang atas informasi ini,,
    sehingga pr saya terselesaikan dengan tepat waktu.

  5. 6 Oktober 2011 9:59 pm

    Horas lae……….. Thanks infonya…….. kalo boleh lebih banyak lagi jenisnya ya……

  6. 25 Januari 2012 8:33 pm

    Tolong jelaskan tentang apa yang dimaksudkan dengan akar,akar batang,akar batu,akar belit, akar cabang, akar gantung, akar hisab,akar liar,akar melatah,akar melilit, akar primer, akar pusat, akar rambut, akar samping, akar serabut, akar tinggal,akar tunggang akar tunjang, akar udara, dan akar kayu air tanah????!!?!!

  7. riyan hidayat permalink
    12 September 2014 11:27 am

    makasih ya……… udah bantu aku alhamdulillah

  8. jai samarinda permalink
    12 September 2014 11:39 am

    horas…….. medan aku udah ciap pr ku

Tinggalkan Balasan

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

