Skip to content

10 November dan Pahlawan

10 November 2009
tags:

Ada apa di tanggal 10 November?. Jika ‘dia’ pernah tinggal dan pernah sekolah mulai dari TK, SD, SMP, SMA/SMK atau PT pasti tau apa jawabannya. “10 November itu adalah Hari Pahlawan”, jika pada saat ditanyakan ada sekitar 1.000 orang, maka itu bisa jadi satu paduan suara yang hebat.

Baca selanjutnya…

KPK, Nasib Kini

1 November 2009
tags:

Beberapa saat ini memang lagi hot kabar mengenai permasalahan hukum ditubuh KPK. Bagaimana ngga bos-bosnya lagi pada dirundung masalah. Nasib suda jadi tukang bubur,, eehh…maaf, nasi sudah jadi bubur, karena semua sudah terjadi, kita tinggal menunggu babak selanjutnya saja.

Sebenarnya saya sebagai orang awam ingin berkomentar, tapi masalahnya kita tidak tau kejadian yang sebenarnya karena semua institusi yang terlibat masing-masing punya alibi. Kalo pun begitu jika di kemudian hari masing-masing institusi yang terlibat terbuka rahasianya, menurut saya jangan kemudian hari-lah karena itu bisa terlalu lama. Pertanyaannya, bisa ngga kasus ini cepat terungkap ?. Sepertinya sih akan lama, tapi kita tunggu ajalah (menunggu lagi).

Baca selanjutnya…

SUMPAH PEMUDA

28 Oktober 2009
tags:

SOEMPAH PEMOEDA

Pertama :
KAMI POETRA DAN POETRI INDONESIA MENGAKOE BERTOEMPAH DARAH JANG SATOE, TANAH AIR INDONESIA

Kedua :
KAMI POETRA DAN POETRI INDONESIA, MENGAKOE BERBANGSA JANG SATOE, BANGSA INDONESIA Baca selanjutnya…

HUTAN HUJAN TROPIS

18 Oktober 2009

Batasan dan Pengertian Hutan

Hutan adalah suatu kelompok pohon-pohonan yang cukup luas dan cukup rapat, sehingga dapat menciptakan iklim mikro (micro-climate) sendiri. Sedangkan menurut Soerianegara dan Indrawan (2005) hutan adalah masyarakat tumbuh-tumbuhan yang dikuasai pohon-pohon dan mempunyai keadaan lingkungan yang berbeda dengan keadaan di luar hutan.

Hutan hujan tropika merupakan jenis wilayah yang paling subur. Hutan jenis ini terdapat di sekitar wilayah tropika atau dekat wilayah tropika di bumi ini yang menerima curah hujan berlimpah sekitar 2000-4000 mm setahunnya. Suhunya tinggi (rata-rata sekitar 25-26oC) dan dengan kelembaban rata-rata sekitar 80%. Komponen dasar hutan tersebut adalah pohon tinggi dengan tinggi maksimum rata-rata 30 meter (Ewusie, 1980).

Baca selanjutnya…

METHODS AND PROCEDURE OF FLORA DATA COLLECTION

11 September 2009

Bagi yang membutuhkan artikel dalam bahasa ingris dibidang ilmu kehutanan khususnya ekologi hutan tentang metode dan prosedur dalam kegiatan pengukuran flora.

The objective of flora field survey activities were to obtain information on floristic composition and potency of vegetation. So survey on the aspect of flora was conducted by sampling with vegetation analysis The compiled data consists of tree regeneration and non-tree regeneration vegetation. The sample plots are a combination of quadrates and a line of squares, where a nested sampling is found within a larger sample plot. The dimension of each plot is relatively depend on the situation and condition in the field, the area of the plot are varied starting from smallest plot (homogenous vegetation) is 20×60 m and the largest plot is 20×500 m (1 ha). For getting information on level of natural regeneration and non-tree regeneration vegetation, the dimension of plot are divided into several sub-plot :

Baca selanjutnya…

KEJUJURAN

18 Juli 2009

Teringat kenangan di kota Fak-Fak, kota yang indah. sayangnya karena dibatasi waktu, jadi ngga banyak tempat-tempat yang bisa dikunjungi.

Tapi ada satu hal yang agak-agak susah dilupakan. lagu ambon, ya lagu-lagu ambon yang setia mengiringi perjalanan dari kota Fakfak ke Distrik Bombaray. Kebetulan pak sopir cuma bawa satu disk saja…ya akhirnya ‘dia’lah yang berputar-putar sepanjang jalan.

Baca selanjutnya…

IDE BERENANG VS KAMAR MANDI

20 April 2009

wow…tiba-tiba terbersit ide itu sepintas keluar dari kamar mandi,

hah ??..ko bisa dalam kamar mandi ukuran 2 x 1 m itu bisa mengeluarkan ide sebrilian itu…..
akhirnya saya ingat ucapan seorang dosen waktu dibangku kuliah dulu :

Baca selanjutnya…